Lebih lanjut, Adah Sudarsa menyampaikan, dalam kurun waktu 3 tahun terakhir Basarnas Cilacap sudah menangani serta melayani ratusan kasus di wilayah kerjannya.

CILACAP - Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap terus melakukan upaya peningkatan kinerjanya. Salah satunya melalui penguatan sinergitas bersama awak media guna mengoptimalkan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat luas.
Kegiatan yang diikuti oleh puluhan media baik lokal hingga nasional ini berlangsung di Cafe Daun Cilacap, Rabu 17 Januari 2024.

Kepala Kantor SAR Cilacap, Adah Sudarsa menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi bersama awak media. Selain itu juga sebagai salah satu upaya agar segala informasi keterbukaan publik dari kegiatan Basarnas Cilacap seperti pelatihan, operasi SAR, dan lainnya dapat ditransformasikan dengan baik. Sehingga nantinya dapat diterima oleh masyarakat luas.

Lebih lanjut, Adah Sudarsa menyampaikan, dalam kurun waktu 3 tahun terakhir Basarnas Cilacap sudah menangani serta melayani ratusan kasus di wilayah kerjannya.

Rinciannya pada tahun 2021 ada sebanyak 55 kejadian yang ditangani dengan didominasi oleh 38 kasus kategori kondisi membahayakan manusia. Kemudian tahun 2022 ada 66 kejadian dengan 45 kasus kategori kondisi membahayakan manusia.

Sementara pada tahun 2023 terdapat 63 kejadian dengan 10 kasus kecelakaan kapal, 1 bencana alam, 48 kasus membahayakan manusia dan 3 kecelakaan dengan penanganan khusus.

Dia mengatakan bahwa tren kenaikan penanganan kasus tersebut merupakan salah satu bukti layanan maupun keberadaan Basarnas Cilacap yang kini semakin dikenal masyarakat luas. Terutama pada layanan aduan informasi gratis melalui nomor telpon 115.

Disisi lain, Basarnas Cilacap juga telah melakukan serangkaian kegiatan guna menggali dan mengoptimalkan potensi SAR diwilayah kerjannya yang luas. Mulai dari Basarnas Goes to School, pembinaan di SAKA Pramuka, termasuk pelatihan dan pendampingan di tingkat masyarakat Desa maupun lainnya.