KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN CILACAP EMERGENCY CALL 115 " PROFESIONAL SINERGI MILITAN " UNTUK INDONESIA MAJU

KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN KELAS B CILACAP

 

Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap merupakan unit pelaksana teknis Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan yang berdiri sejak tanggal 1 Januari 2020. Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap memiliki jumlah 79 orang, diantaranya 33 orang Pegawai Negeri Sipil, 31 orang Calon Pegawai Negeri Sipil, dan 15 orang Pegawai Pemerintah Non PNS. 

Sebanyak 46 orang rescuer di Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap yang memiliki tugas pokok dalam melaksanakan operasi SAR, kecelakaan penerbangan, pelayaran, kondisi membahayakan manusia, bencana pada tahap tanggap darurat, dan kecelakaan dengan penanganan khusus.

Sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap merupakan POS SAR Cilacap di bawah Kantor SAR Semarang yang berdiri sejak tahun 2007. Dan setelah berjalannya waktu, POS SAR Cilacap diresmikan menjadi unit pelaksana teknis Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap type B. 

Landasan hukum Kantor :

 

  1. Undang-Undang No. 29 Tahun 2014 Tentang Pecarian dan Pertolongan.
  2. Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2017 Tentang Operasi Pencarian dan Pertolongan serta aturan lainnya yang terkait dengan pencarian dan pertolongan baik di dalam Negeri maupun Internasional.

 

Wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap meliputi 6 Kabupaten. Yaitu Kabupaten Cilacap, Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Purworejo. 

Dalam kegiatan kesehariannya, pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap lakukan pelatihan fisik untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. 

Di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap terdapat 2 (dua) bandara. Yaitu Bandara Tunggul Wulung Cilacap dan Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga. Selain itu juga terdapat aktivitas pelayaran yang terdapat di Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap dan masih banyak lagi pelabuhan tradisional yang berada di Pantai Selatan.

Kondisi geografis di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap sangat bervariatif. Dan terdapat juga gunung berapi, yaitu Gunung Selamet. Hal ini merupakan potensi terjadinya bencana alam.

Keberhasilan dalam setiiap pelaksanaan operasi SAR tidak lepas dari peran Sumber Daya Manusia yang di miliki setiap rescuer. Pembinaan internal rutin kita lakukan untuk mengasah kemampuan yang sudah dimiliki oleh rescuer.

 

Telp/Fax : (0282) 521880

Emergency Call : 115 (Nasional)

WA : 0822-115-115-44

Email : basarnas_cilacap@yahoo.com

Website : www.cilacap.basarnas.go.id

Facebook : Basarnas Cilacap

Instagram : Basarnas_Cilacap

Youtube : Humas Basarnas Cilacap

Tiktok : Basarnas Cilacap

AVIGNAM JAGAT SAMAGRAM

SALAM PENYU RESCUE