KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN CILACAP EMERGENCY CALL 115 " PROFESIONAL SINERGI MILITAN " UNTUK INDONESIA MAJU


RESCUER KANTOR SAR CILACAP MELAKSANAKAN UJI KOMPETENSI HART DAN WATER RESCUE


Cilacap (30/10/2022) – Penilaian (assessment) terhadap kemampuan para petugas pencarian dan pertolongan (rescuer), menjadi program kerja Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Basarnas untuk memberikan jaminan dan pengakuan atas kompetensi kerjanya. Kali ini, LSP Basarnas di selenggarakan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap mulai dari pra assessment pada Sabtu (29/10) sampai dengan Senin (31/10).

Terdapat dua skema yang diujikan dalam uji kompetensi ini. Yaitu pertolongan korban di ketinggian atau High Angle Rescue Techniques (HART) yang di laksanakan di Kantor SAR Cilacap dan pertolongan korban di permukaan air atau Water Rescue yang dilaksanakan di Pantai Teluk Penyu Cilacap.

“Kegiatan uji kompetensi rescuer ini, LSP Basarnas bermaksud untuk menguji kompetensi para rescuer di lingkungan Basarnas khususnya rescuer di Kantor SAR Cilacap. Bukan hanya pengetahuan saja, tetapi keterampilan dan sikap kerja juga menjadi penilaian dalam kegiatan ini agar rescuer rescuer Kantor SAR Cilacap kompeten di bidang yang sudah di skemakan”, ucap Rindang Krisnavianto selaku Asesor Kompetensi LSP Basarnas.

Sebanyak 24 orang rescuer Kantor SAR Cilacap termasuk rescuer yang bertugas di Unit Siaga SAR (USS) Banyumas mengikuti kegiatan uji kompetensi LSP Basarnas. Kedepannya, Rindang berharap agar rescuer Kantor SAR Cilacap ini dapat melaksanakan uji kompetensi dalam skema yang lainnya.

Kepala Kantor SAR Cilacap, Adah Sudarsa mengatakan dengan adanya kegiatan LSP Basarnas ini seluruh rescuer Kantor SAR Cilacap yang mengikuti kegiatan berharap agar selalu latihan dan latihan. Karena sebagai anggota Basarnas, dituntut harus selalu siap siaga apabila ilmu ini digunakan untuk menolong masyarakat yang membutuhkan jasa khususnya di bidang SAR. Selain daripada itu, dengan di laksanakan uji kompetensi ini berarti rescuer Kantor SAR Cilacap sudah di sertifikatkan langsung oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Basarnas.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Agenda Pusat .
Pengunggah : cilacap
30 October 18:00 WIB